Ide Restoran

Mencari Konsultan Restoran Terbaik untuk Usaha Anda

Mencari Konsultan Restoran Terbaik untuk Usaha Anda

Konsultan restoran terbaik merupakan gabungan kata yang mengandung makna tanggung jawab besar bagi seorang konsultan restoran. Hal ini memang tidak bisa di pungkiri dengan cap sebagai konsultan restoran terbaik akan membuat klien atau pengguna jasa konsultan restoran tersebut menaruh harapan besar untuk kesuksesan usahanya. Maka dari itu tugas konsultan restoran bisa di bilang cukup menantang dalam profesi ini.

Konsultan RestoranSeorang konsultan restoran atau konsultan bisnis cafe yang Anda pilih sebaiknya memang dari latar belakang pelaku usaha atau praktisi di bidangnya. Salah satu hal yang perlu Anda tanyakan yakni apakah konsultan bisnis kuliner atau konsultan restoran tersebut pernah membuka restoran dari awal hingga restoran tadi berjalan dengan baik. Karena jika hal ini telah mereka lewati mental seorang konsultan kuliner telah terbentuk. Mental ini lah yang menjadi salah satu modal membuka coffee shop atau restoran.

Dalam membuka restoran memang tidak senantiasa dengan apa yang di namakan untung. Kata rugi kadang membuat seorang pengusaha takut untuk melangkah. Dan berbicara mengenai rugi dalam hal ini perlunya menajemen resiko yang baik dari konsultan restoran cafe Anda tadi. Dengan jam terbang yang tinggi biaya konsultan restoran terkadang memang akan ikut tinggi. Namun ada juga seorang konsultan yang menekuni pekerjaanya karena hobi dan berniat mulia untuk menebar banyak kebaikan serta manfaat. Karena memang ilmu tentang dunia restoran ini sudah ada di dalam kepala dan di pakai beberapa kalipun tidak akan meningkatkan biaya produksi.

Untuk menentukan atau memilih jasa konsultan restoran terbaik yang biasa kebanyakan pemilik usaha adalah berhitung dengan biaya jasa konsultan restoran tersebut. Memang dalam hal harga atau biaya ini perlu di perhitungkan karena apa kemanfaat yang di dapat bila bayar murah namun hasil tidak sebanding dengan nilai yang didapat untuk kemajuan atau berkembangnya restoran Anda. Dan mendapatkan konsultan restoran terbaik semoga bisa menjadi salah satu modal membuka coffee shop atau restaurant.

Ide Restoran

Dalam Anda memilih atau menentukan konsultan restoran terbaik memang susah-susah gampang. Keputusan untuk memilih nya memang akan menjadi mudah bila Anda sudah memahami bagaimana tim konsultan restoran bekerja. Dan ini akan menjadi susah tentunya bila belum faham mengenai seluk beluk restoran. Memang tidak perlu secara detail mengetahuinya namun pengetahuan dasar sebaiknya Anda perlu fahami. Dan berikut ini ada beberapa jenis restoran yang cukup populer:

  1. Fast Food Restaurant
    Cepat saji atau fast food restaurant dalam beberapa tahun terakhir ini mempunya perkembangan yang cukup bagus di beberapa kota besar di Indonesia. Restoran ini memiliki menu yang sederhana yang biasanya di jual dalam bentuk paket. Makanan dan minumanya pun biasanya sudah di persiapkan dalam jumlah banyak. Sehingga bila ada tamu atau pelanggan yang datang tipe restauran ini dapat melayaninya dengan cepat. Salah satu ciri yang menonjol dari tipe restauran ini adalah tipe usaha yang di jalankan pemiliknya. Karena kebanyak fast food restaurant memakai motede frachise atau sistem waralana. Kemudahan yang di tawarkan memang semua sudah di atur tapi kekurangan nya pemilik memiliki keterbatasan dalam berinovasi. Selain dari pada itu modal awal tipe atau jenis restoran ini cukuplah bisa di bilang lebih tinggi.
  2. Restoran keluarga
    Jenis restoran ini biasanya ada di pusat kota atau di tempat-tempat wisata. Jenis restoran ini seringnya menawarkan menu yang beraneka ragam karena memang kebutuhan keluarga yang biasanya datang dengan selera masing-masing. Lokasi yang di beri fasilitas hiburan untuk anak-anak merupakan daya tarik tersendiri. Peluang restoran jenis ini memang cukup besar, hal ini memang terlihat di banyak tempat restoran keluarga biasanya penuh sesak apalagi pas waktu-waktu liburan. Selain pilihan menu daerah restoran keluarga juga bisa memilih tema negara tertentu. Misalnya Jepang, Korea, Itali, dll.
  3. Food Truck
    Walaupun di Indonesia kurang begitu populer namu Food Truck di luar negri merupakan hal yang lumrah. Praktis mudah di pindah-pindah merupakan alasan kenapa pemilik bisnis memilih jenis restoran ini. Harga sewa tempat pun bisa di tekan sedemikian rupa.
  4. Buffet (Prasmanan)
    Konsep ini banyak kita temui di kota-kota besar atau hotel berbintang pada umumnya. Dengan menawarkan prasmanan atau konsep buffet ini memang bisa dipilih untuk menekan jumlah karyawan. Karena praktis karyawan fokus kepada mengisi buffet dan mengambil peralatan yang kotor di meja tamu. Jenis ini juga cocok bagi Anda yang memiliki target pelanggan dalam jumlah besar atau group.
  5. Fine dining
    Restoran ini merupakan jenis restauran yang paling resmi dan formal. Chef atau koki yang berpengalaman tentunya menjadi unggulan dari Fine Dinning Restauran ini. Kelas dari Fine Dinning merupakan kelas premium jadi dari peralatan, perlengkapan, bahan makan, pengolahan hingga pelayananya pun berada di level tertinggi. Restoran dengan tipe ini tidak saja memberi kualitas makanan yang baik namun di sisi lain pelanggan mengidamkan apa yang di sebut dengan “prestige”.

Baik, kembali ke judul artike ini dalam  mencari konsultan restoran ada beberapa poin berikut yang bisa jadi panduan Anda dalam menilainya:

  1. Bertemu langsung dengan konsultan restoran tersebut kemudian sampaikan ide Anda dan minta dia untuk mempresentasikan gambaran apa yang akan di kerjakan.
  2. Mempelajari jam terbang konsultan tersebut dan di mana saja pengalaman kerjanya.
  3. Menyakan tarif atau biaya konsultan restoran dan ukur dengan apa yang telah di presentasikan
  4. Cek apakah konsultan tersebut memiliki jaringan industri yang terkait. Penyedia tenaga kerja, suplier, penyedia sistem IT, pajak, perijinan, dll.
  5. Memberikan suatu masalah dalam restoran dan analisis jawaban dari konsultan restoran tersebut apakah tepat atau tidak.

Demikian tulisan kami tentang “Mencari Konsultan Restoran Terbaik untuk Usaha Anda”. Dan jika Anda sedang mencari konsultan restoran terbaik silahkan hubungi kami kapan saja. Mungkin bisa jadi kami bukan yang terbaik tapi kami yakin selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan sepenuh hati. Dengan pengalaman di dunia hotel dan restoran sejak 1998 serta terus mengikuti perkembangan dunia restoran atau kuliner ini kami percaya diri banyak ilmu kami yang bermanfaat dalam pertumbuhan restoran di Indonesia. Hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

kata terkait:
konsultan restoran bandung, konsultan restoran surabaya, konsultan restoran yogyakarta, konsultan cafe surabaya, konsultan restoran, tugas konsultan restoran, konsultan bisnis kuliner, konsultan bisnis cafe, konsultan kuliner

Tinggalkan komentar