Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran

9 Perlengkapan Restoran yang Perlu Dipersiapkan 

Ketika Anda baru saja atau akan membuka restoran, salah satu kebutuhan restoran yang penting untuk dipersiapkan adalah serangkaian perlengkapan restoran.

Terdapat berbagai macam perlengkapan restoran yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Lalu apa saja perlengkapan restoran tersebut ?

  1. Glassware
    Glassware adalah salah satu jenis perlengkapan dan peralatan restoran yang digunakan di restoran dan terbuat dari bahan kaca.

    Karena terbuat dari bahan kaca, peralatan yang termasuk glassware ini risiko mudah pecahnya tinggi dibandingkan dengan bahan lain karena sifatnya yang keras.

    Produk dari glassware sendiri tidak hanya berwarna bening saja melainkan juga terdapat produk glassware yang berwarna warni.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Salah satu contoh dari produk Glassware adalah gelas seperti gambar diatas. Cantik dan elegan ya.

    Peralatan restoran yang termasuk dalam kategori glassware memiliki ragam bentuk dan fungsi. Sebagai contoh adalah gelas untuk minum air putih atau yang biasa disebut dengan water goblet.

    Selain itu gelas yang terbuat dari kaca ini contohnya adalah gelas yang berfungsi untuk minuman juz , tulip glass, brandy glass, champagne glass, dan yang lainnya.

    Nilai plus dari penggunaan peralatan restoran dari jenis glassware ini adalah nilai estetis yang dimunculkan.

    Apalagi jika produk glassware yang berwarna bening dan tembus pandang, maka kesan elegan akan timbul.

  2. Silverware
    Silverware adalah salah satu jenis perlengkapan serta perlengkapan restoran yang terbuat dari bahan dasar perak. Karena terbuat dari bahan dasar perak, maka peralatan dari jenis silverware ini lebih awet dan kuat.

    Peralatan restoran yang termasuk dalam kategori silverware misalnya adalah sendok, yang mana sendok sendiri terdiri dari berbagai macam tergantung oleh fungsinya.

    Ada sendok sup, sendok kopi, sendok khusus untuk dessert, dan masih banyak lagi.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Pasti kita sudah sering menjumpai produk Silverware seperti sendok, garpu, dan juga pisau.

    Sedangkan untuk garpu dan pisau yang sering disandingkan bersama juga terdapat berbagai macam dan terbagi sesuai fungsinya.

    Misalnya saja ialah garpu dan pisau untuk steak. Tentunya kelebihan dari peralatan restoran kelompok silverware selain awet dan kuat ialah munculnya kesan elegan saat peralatan tersebut digunakan.

  3. Chinaware
    Peralatan dan perlengkapan restoran selanjutnya adalah jenis chinaware yang terbuat dari bahan dasar keramik atau porselen.

    Nilai plus dari peralatan restoran berjenis Chinaware ialah awet dan tahan lama, elegan saat disajikan, serta banyak pilihan desain dan motif yang cantik.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Contoh produk Chinaware mangkuk sup seperti pada gambar yang terbuat dari bahan keramik dan biasanya bermotif.

    Contoh peralatan restoran yang digunakan dan berbahan dasar keramik ini adalah piring dan mangkuk yang digunakan untuk menyajikan hidangan.

    Misalnya piring untuk main course, roti, mangkuk sup, mangkok sereal, dan yang lainnya. Biasanya peralatan Chinaware terdiri dari berbagai ukuran.

  4. Linen
    Linen adalah perlengkapan restoran yang cukup penting karena fungsi umumnya ialah untuk menutup dan melindungi meja di restoran dari kotoran.

    Diantara keperluan restoran yang berbahan dasar linen adalah :

    Table Cloth, mudah menyerap cairan dan berfungsi untuk menutup meja serta membuatnya terlihat lebih indah.

    Guest Napkin, berfungsi sebagai kain untuk mengelap sisa-sisa makanan di mulut para tamu dan juga sebagai pelindung dari cipratan atau tetesan kuah.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Guest Napkin terbuat dari bahan linen yang mudah menyerap cairan.

    Moelton / Silence Cloth, adalah kain yang mudah menyerap cairan dan berukuran lebih kecil dari table cloth serta penggunaannya diletakkan sebelum table cloth dipasang.

    Table Mat / Doily Mat, alas untuk piring yang digunakan perorangan dan terbuat dari kain, rotan, ataupun kertas. Penggunaan table mat ini bisa menggantikan table cloth jika tidak terpasang karena ingin memperlihatkan keindahan meja yang misalnya terdapat ukiran diatasnya.

    Table Skirting, berupa kain yang dibuat dengan model lipatan dan biasa diletakkan untuk menutupi sekeliling meja prasmanan agar terlihat lebih rapi.

    Buffet Cloth, merupakan taplak meja khusus untuk prasmanan atau buffet, berukuran menyesuaikan panjangnya meja dan lebih besar dari table cloth biasa.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Buffet Cloth juga terbuat dari bahan linen yang mudah menyerap cairan.

    Service Cloth / Glass Cloth, kain yang digunakan untuk mengelap peralatan restoran seperti cutlery dan yang lainnya agar bersih mengkilap.

    Servie Napkin, kain serbet berwarna putih dan mudah menyerap yang diletakkan di pergelangan kiri waiter.

  5. Stationary
    Merupakan perlengkapan restoran yang bisa terbuat dari kertas atau bahan lain dan berfungsi sebagai penambah kesan cantik penampilan di meja yang terlalu sederhana.
    Misalnya saja tissue untuk alas
    soucer atau soup cup, atau yang digunakan untuk mengelap sesuatu. Tentunya tissue yang digunakan juga berbeda, yakni teksturnya kasar dan halus.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Stationary yang biasa dihadirkan di atas meja adalah Soup Cup
  6. Meja Makan
    Meja yang biasanya terdiri dari berbagai macam bentuk serta ukuran, dan juga bahan pembuatnya juga berbeda.

    Bentuk meja yang umum digunakan di restoran misalnya adalah round table, oval table, square table, dan yang lainnya.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Meja merupakan salah satu macam perlengkapan restoran, bentuknya pun ada yang bundar, persegi panjang, oval, dll.
  7. Meja Samping / SideBoard
    Merupakan sebuah rak atau lemari sebagai tempat untuk meletakkan alat-alat untuk tamu seperti cutlery, coaster, water pitcher, napkin, dan yang lainnya sehingga memudahkan waiter/s dalam pelayanan.

  8. Kursi Makan
    Sebagai tempat duduk para tamu dan tingginya juga menyesuaikan dengan tinggi meja makan.

  9. Perlengkapan Meja
    Perlengkapan yang diletakkan diatas meja sebagai pendamping atau pendukung dari peralatan pokok. Yang merupakan perlengkapan meja diantaranya :

    – Vas Bunga dan Asbak, dimana vas bunga berfungsi sebagai penambah hiasan di meja dan asbak sebagai tempat menaruh abu rokok dan sisa rokok pengunjung.
    – Buku menu, yang berisi daftar makanan dan minuman yang ada di restoran Anda. Biasanya disertai dengan harga dari setiap menu tersebut.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Untuk melengkapi komposisi yang harus ada diatas meja, bisa diberi tusuk gigi atau tempat lada dan garam

    – Nomor meja, benda ini penting untuk menghindari salah antar saat mengantarkan menu pesanan dan memudahkan pengunjung saat memesan terutama pada kondisi antri.
    – Tempat tusuk gigi, garam, dan merica, memfasilitasi jika pengunjung ingin menambahkan rasa dari garam dan merica, serta tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan.

Dari sekian banyak peralatan hotel dan restoran, peralatan masak restoran, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk operasional restoran, salah satu hal penting yang harus dijaga ialah kebersihannya.

Peralatan dan perlengkapan yang banyak tadi haruslah dirawat dan dijaga kebersihannya.

Namun sebetulnya kebersihan di restoran mencakup beberapa hal seperti peralatan produksi, tempat, peralatan/perlengkapan, uniform, serta SDM nya itu sendiri. Namun karena pembahasan kita saat ini adalah mengenai perlengkapan restoran makan akan kami membagikan poin poin penting dalam hal kebersihan perlengkapan restoran,.

  1. Kebersihan Peralatan dan Perlengkapan Restoran
    Mengapa kebershan sangatlah penting? Karena seenak bahkan semahal apapun menu yang restoran Anda sajikan namun Anda mengesampingkan faktor kebersihan dimana piring, mangkok, ataupun gelas yang digunakan untuk menyajikan makanan terlihat kotor.

    Pastinya tamu akan ragu untuk menyantap makanan yang tersaji. Jadi pastikan setiap peralatan restoran seperti peralatan f&b, peralatan masak, cutlery, dan yang lainnya bersih dari kotoran.

  2. Kebersihan Meja dan Kursi
    Mungkin dua benda ini yang pertama kali akan menjadi sorotan dari tamu karena di tempat inilah tamu akan dijamu oleh pelayanan di restoran. Namun ketika meja dan kursi tamu terlihat kotor, mungkinkah tamu akan duduk? Tentunya tidak kan.

    Maka dari itu meja dan kursi tamu di restoran harus selalu terlihat bersih. Jangan sampai ada tamu yang terlihat mengambil banyak tisu untuk mengelap meja yang masih kotor karena waiter/s saat mengelap meja kurang bersih.

    Maka dari itu perlu adanya standar operasional prosedur atau SOP dari masing-masing restoran. Misalnya di restoran Anda SOP mengelap meja harus dengan beberapa tahapan, yang pertama di semprot dengan cairan pembersih lalu di lap dengan lap basah, setelah itu baru di lap kembali menggunakan lap kering dan harus benar-benar dipastikan bersih.

    Perlengkapan Restoran - Konsultan Restoran
    Kebersihan perlengkapan restoran tetap harus Anda jaga, napkin tidak boleh lusuh, serta peralatan makan tidak ada yang retak atau gompel.
  3. Jangan Lupakan Hal Kecil
    Yang dimaksudkan dalam hal ini ialah kebersihan dan kerapian yang menyangkut hal-hal kecil, misalnya saja pada napkin.

    Jangan sampai napkin yang berada diatas meja kotor dan lusuh. Hal itu akan membuat citra dari restoran Anda berkurang di mata pengunjung.

    Selain itu hal kecil lain seperti piring yang sedikit retak, terdapat noda, dan kurang bersih. Agar restoran Anda tetap berjalan baik dan mendapat citra yang baik pula.

Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha restoran, gambaran garis besar peralatan restoaran yang telah kami sampaikan diatas semoga bermanfaat.

Saat ini juga banyak yang menjual barang atau peralatan restoran bekas pakai yang kondisinya masih baik. Jika kualitasnya masih oke dan harganya lebih terjangkau, mengapa tidak? Anda bisa mencari di toko restoran atau yang menjual berbagai peralatan restoran, mulai dari cutlery hingga perlengkapan yang harus ada di atas meja.

Anda ingin membuka usaha restoran? Mulai saja bersama kami, Tim Konsultan Restoran. Kami adalah konsultan profesional di bidang kuliner termasuk restoran.

Di dukung dengan pengalaman kami secara langsung terjun di dunia food and beverage, perhotelan, sejak tahun 1997, membuat kami yakin kami bisa membantu mewujudkan harapan Anda. Telah banyak klien yang kami tangani dan saat ini terus berkembang baik.

Untuk konsultasi masalah restoran, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah biaya, karena kami tidak pernak mematok secara khusus biaya konsultasi. Hubungi kami via telepon atau whatsapp di nomor :

0822-2123-5378

Kata Terkait :
peralatan restoran dan gambarnya, peralatan hotel dan restaurant, kebutuhan restoran,peralatan restoran bekas, peralatan f&b service, toko restoran, macam-macam furniture restoran, peralatan masak restoran,

Tinggalkan komentar