Lima Langkah Penting dan Tips Dalam Menentukan Serta Menyusun Menu Restoran

Lima Langkah Penting dan Tips Dalam Menentukan Serta Menyusun Menu Restoran

Ketika memulai sebuah restoran baru, menciptakan menu adalah salah satu hal yang cukup dasar. Item yang Anda masukkan pada menu Anda akan berpengaruh terhadap pendapatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Menemukan cara untuk memaksimalkan keuntungan harus menjadi salah satu prioritas tertinggi untuk Anda.

FoodMenus_fimg

Peluang usaha restoran saat ini cukup menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis restoran pastilah terkait dengan menu. Menu restoran yang Anda sajikan pun harus sesuai dengan konsep restoran yang Anda jalani. Dalam menyusun menu pun tidak boleh sembarangan, karena terdapat tahapan langkah yang harus anda perhatikan dan lakukan. Langkah-langkah tersebut adalah :

Langkah 1

Mempromosikan barang-barang yang paling menguntungkan Anda. Ini adalah item yang memiliki biaya rendah untuk bahan dan dapat dijual di pasar tinggi. Dalam proses persiapannya atau time cooking memerlukan waktu yang tidak terlampau panjang. Fokus pada mempromosikan menu seperti ini perlu kita berikan prioritas. Jika Anda dapat mengarahkan orang ke item yang Anda ingin mereka untuk memesan, secara signifikan dapat meningkatkan margin keuntungan Anda.

Langkah 2

Tekankan item yang Anda ingin memesan dengan trik desain menu. Seorang desainer grafis berbakat dapat membantu menekankan sesuatu pada halaman. Misalnya, menggambar sebuah kotak berwarna-warni di sekitar item ditampilkan secara alami dapat menarik mata pelanggan untuk menawarkan itu. Tata letak menu dapat memiliki dampak bagus untuk mengarahkan tamu membeli produk tersebut. Jika Anda menampilkan item yang paling menguntungkan Anda, hal itu akan menyebabkan lebih banyak keuntungan bagi Anda dalam jangka panjang.

Langkah 3

Gunakan harga promo untuk membuat beberapa item yang paling menguntungkan Anda terlihat lebih menarik. Langkah pembuatan promo ini juga perlu di sosialisasikan kepada seluruh tim dan munculkan semangat mereka untuk menawarkan promo menu ini.

 

Berdikusi dengan Ahli untuk menggali ilmu yang sudah teruji - Konsultan Restoran
Berdikusi dengan Ahli untuk menggali ilmu yang sudah teruji – Konsultan Restoran

Langkah 4

Sebagian besar restoran menempatkan barang-barang yang paling menguntungkan mereka di puncak kategori makanan tertentu. Mayoritas pesanan datang dari bagian tersebut, sehingga penempatan lokasi menu yang akan kita target perlu di pertimbangkan lebih jeli.

Langkah 5

Sertakan foto dari hidangan dalam menu Anda. Dengan foto besar hidangan yang ditampilkan di menu, pelanggan akan lebih mungkin untuk memesannya. Jika pelanggan tidak tahu apa makanan seperti, ia mungkin ragu-ragu untuk mencobanya.

Selain langkah dalam menentukan menu, desain pada buku atau daftar menu pun juga berpengaruh penting. Saat Anda memasuki restoran dan hendak memesan makanan, tentu Anda akan melihat buku atau daftar menu, bukan? Maka dari itu kesan awal mengenai menu tercipta dari buku atau daftar menu. Jika desain dari buku atau daftar menu makanan dibuat secara unik menarik, maka pelanggan bukan tidak mungkin jika pelanggan turut serta tertarik dan akhirnya memesan menu tersebut. Dalam infografis “The Psychology of Menu Design” oleh Konsultan Restoran luar negeri, Aaron Allen disebutkan beberapa trik atau tips bagaimana poin untuk menyusun daftar menu agar menarik. Diantara poin-poin tersebut adalah :

  1. Tata Letak
    Biasanya dalam tata letak buku atau daftar menu terbagi dalam tiga bagian, yaitu bagian atas, tengah, kanan, dan kiri. Pelanggan pada umumnya saat menerima daftar menu, fokus mereka akan langsung tertuju di bagian atas atau tengah. Bagian-bagian tersebut bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan daftar menu yang potensial dan memiliki profit tinggi di restoran Anda. Agar lebih menarik Anda juga bisa menyertakan gambar agar pelanggan bisa mendapat informasi lebih jelas.

    Pemilihan menu
    Contoh design dari buku atau daftar menu yang baik di restoran
  2. Deskripsi
    Dalam menuliskan daftar menu, alangkah lebih baik ditulis dalam kata yang menarik, unik, dan berkesan. Misalnya untuk contoh menu restoran sederhana seperti sandwich, Anda bisa mencoba memberi nama Momma’s Sandwich. Dengan nama tersebut akan memunculkan sebuah perasaan senang karena pelanggan yang terbiasa memakan sandwich buatan sang Ibunda akan teringat dengan sandwich buatan Ibundanya.
  3. Warna
    Menurut Aaron Allen, pemilihan warna dalam daftar menu di buku menu berpengaruh kepada pelanggan. Beliau mencontohkan untuk warna hijau menggambarkan menu makanan yang kita sajikan adalah menu segar atau fresh. Warna kuning untuk menarik perhatian pelanggan dan warna orange untuk memunculkan selera makan pelanggan. Anda bisa mengaplikasikan beberapa warna tersebut dalam desain di daftar menu Anda.
  4. Variasi
    Dalam menyusun daftar menu, biasanya dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya untuk menu appetizer, main course, dan juga dessert. Aaron menyarankan sebaiknya peletakan menu-menu di setiap kelompok bagian tidak lebih dari 7 macam menu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memilih dan menentukan pesanan.  

    Pemilihan menu
    Contoh dari pengelompokan menu yang baik
  5. Harga
    Untuk menciptakan kesan bahwa restoran Anda memberikan harga terbaik, Anda bisa menggunakan angka yang tidak bulat, misalnya Rp. 199.998,00. Meskipun ada juga restoran berbintang yang sengaja menggunakan angka bulat untuk menimbulkan kesan luxury atau mewah.

Silahan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan solusi mengenai menu restoran Anda. Hubungi kami di :

0822-2123-5378

Kata terkait:

konsulan restoran, peluang usaha restoran, keluhan pelanggan, pemilihan menu, menu promo makanan, desain buku menu, contoh menu restoran, desain menu makanan unik, contoh menu restoran sederhana,

Tinggalkan komentar